Sabtu, 21 November 2009

Komisi IX Siap Usut Kasus Kaki Gajah

Komisi IX DPR RI bersiap untuk mengusut tuntas kasus kaki gajah yang sempat menewaskan 8 warga Kabupaten Bandung setelah meminum obat kaki gajah, Selasa 10 November 2009 lalu. Komisi IX bahkan berencana membentuk tim kerja untuk mengusut tuntas kasus kaki gajah ini.

"Kami serius kok. Bahkan ada beberapa usulan dari teman-teman untuk membentuk tim kerja. Mudah-mudahan Senin sudah terbentuk," kata anggota Komisi IX DPR RI Gandung Pardiman dalam Pengukuhan Tim Asistensi Daerah, di Yogyakarta, Sabtu (21/11/2009).

Dalam kesempatan tadi Gandung bahkan menilai Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setyaningsih sangat naif, karena sempat menyatakan 8 korban yang meninggal tadi akibat terkena sakit jantung. Pernyataan Menkes, imbuh Gandung, seharusnya lebih profesional dan akademis.

"Naif pernyataan itu. Mosok (masa) meninggal karena sakit jantung berjamaah," katanya. Dia juga melihat para dokter di daerah tersebut tidak bekerja profesional, sehingga mengakibatkan kaki gajah masih muncul.

Sebelumnya Gandung yang juga ketua DPD Golkar DIY ini menyinggung masih kecilnya anggaran kesehatan di Indonesia yang hanya mencapai 2,6% dari Produk Domestik Bruto. Kalah jauh dibanding negara ASEAN lain seperti Vietnam.

"Idealnya kita itu 3-5%. Maka nanti itu kita akan dorong untuk tingkatkan lagi disamping perlunya pemgawasan dana pusat ke daerah yang rentan jadi proyek saja," jelas Gandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar