Sabtu, 21 November 2009

Ilmuwan Ciptakan Permen Karet Khusus Tentara

10:26 wib

WASHINGTON - Melalui hasil penelitian kimia selama beberapa tahun, para ilmuwan di University of Kentucky telah mengembangkan permen karet yang bisa menggantikan fungsi pasta gigi dan sikat gigi.

Tak hanya itu, permen karet ini pun membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan para tentara yang tengah bertugas di lapangan.

Sejak Perang Dunia I, ribuan tentara AS sering mengalami radang gusi parah hingga menimbulkan bisul bernanah, infeksi, dan gusi berdarah.

"Pada masa antara Perang Dunia II, perang dengan Korea, dan juga Vietnam, jumlah tentara yang mengalami radang gusi parah tersebut tidak berubah," kata Komandan Tentara Divisi Riset Penanganan Trauma dan Kesehatan Gigi Geoffrey Thompson seperti dikutip dari McClatchy, Kamis (12/11/2009).

Hingga hari ini, tercatat 15 persen dari para tentara yang sakit umumnya mengalami sakit berhubungan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut.

University of Kentucky dan College of Pharmacy di Inggris menyebut penelitian mereka sebagai proyek permen karet khusus militer. Mereka menggambarkan hasil proyek mereka sebagai permen karet antimikroba yang disebut dengan KSL.

Senyawa ini diinfuskan kedalam permen karet dan berfungsi sebagai anti-adhesive dan abrasive agent yang membantu menghilangkan plak dan menyehatkan gigi serta rongga mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar